Cara Cek BPJS Kesehatan - worldarticledirectory.info Blog Artikel Bagus

Rabu, 18 Maret 2020

Cara Cek BPJS Kesehatan



Cek BPJS Kesehatan - Jika kalian ingin mendaftar sebagai peserta dari BPJS Kesehatan, kalian tidak perlu lagi mengantri untuk mendapatkan jaminan BPJS Kesehatan di Kantor BPJS. Kalian bisa mendaftar BPJS Kesehatan secara online. Kalian tinggal mengunjungi situs website resmi  BPJS Kesehatan, kemudian kalian cari kolom layanan dan pilih pendaftaran peserta.

  1. BPJS Kesehatan ialah penyelenggara dari program jaminan sosial yang berjalan di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional atau biasa disingkat SJSN yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kesehatan, jaminan pensiun, jaminan hari tua, dan jaminan kematian yang sebagaimana sudah tercantum dalam Undang Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota dari BPJS kesehatan. Sedangkan untuk orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS Kesehatan. Setiap peserta BPJS nantinya akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan setelahnya. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS akan ditanggung oleh pemerintah melalui program bantuan iuran. Menjadi peserta dari BPJS Kesehatan  tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, akan tetapi juga pekerja informal. Bagi oekerja informal juga diwajibkan menjadi anggota dari BPJS kesehatan. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan.
    BPJS Kesehatan menyediakan fasilitas website dan aplikasi untuk memudahkan penggunanya melakukan cek keanggotaan dan status pembayaran. Dengan adanya fasilitas tersebut, maka akan membuat peserta BPJS Kesehatan tidak perlu repot lagi. Seperti yang sudah diketahui bahwa pemerintah sudah mewajibkan semua warga untuk terdaftar menjadi anggota dari BPJS Kesehatan. Di dalam keanggotaan BPJS Kesehatan dibagi menjadi tiga golongan kelas yang bisa kalian pilih, yaitu golongan I, II, dan golongan III. Untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online bisa kalian lakukan dengan berbagai cara, antara lain:
    1. Menggunakan aplikasi
    Untuk cara yang pertama kalian bisa menggunakan aplikasi untuk cek keanggotaan BPJS Kesehatan. Hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload aplikasi JKN KIS BPJS Kesehatan di Google Play Store bagi pengguna android dan App Store bagi pengguna iOS. Jika aplikasi sudah terinstall kemudian kalian buka dan login BPJS Kesehatan dengan menggunakan email dan juga password yang telah kalian daftarkan terlebih dahulu. Kemudian, kalian buka menu peserta dan cek keanggotaan BPJS Kesehatan Online di aplikasi ini.
    1. Menggunakan website
    Cara yang kedua kalian bisa mengeceknya dengan menggunakan website. Pertama kalian buka lama di alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Kemudian kalian diminta untuk mengisi data pada kolom yang sudah tertera. Data yang dimaksud seperti nomor kartu BPJS Kesehatan, dan tanggal lahir. Kemudian kalian klik cek, maka nama peserta, nomor peserta dan juga cek keanggotaan BPJS Kesehatan online akan muncul pada layar kalian. Tidak hanya itu, kalian juga bisa melihat total dari tagihan dan juga denda yang diberikan.
    1. Dengan call center
    Cara yang berikutnya yaitu dengan call center. Cek kesehatan BPJS Kesehatan online lainnya dengan menelpon ke call center. Kalian cukup dengan menghubungi nomor 1500 400 dan anggota akan terhubung ke customer service BPJS Kesehatan.
    1. Dengan SMS
    Cara mengecek keanggotaan BPJS Kesehatan online yang terakhir yaitu dengan mengetik SMS. Kalian hanya perlu membuat format SMS, sebagai berikut:
    NIK Nomor Induk Kependudukan
    NOKA Nomor Kartu BPJS Kesehatan
    NIP Nomor Induk Pegawai
    Dari ketiga format tersebut kalian pilih salah satu dan kemudian kalian kirim ke 087 775 500 400. Sedangkan untuk mengecek tagihan dari iuran BPJS Kesehatan kalian bisa juga menggunakan SMS dengan format 'TAGIHANNomor Kartu BPJS Kesehatan'.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda